Wani Ngalah Duwur Wekasane

Desember 7, 2011 at 4:48 pm 2 komentar

Salah satu Pepatah jawa kuno yang sangat populer terutama di kalangan masyarakat jawa dengan sebutan “wani ngalah duwur wekasane” yang memiliki arti sangat dalam tentunya, jika kita terjemahkan ke dalam bahawa indonesia kurang lebih berarti “jadi orang hendaknya tidak sombong namun tidak selalu mengalah atau rendah diri”. Makna dari kata wani ngalah adalah berani mengalah duwur wekasane artinya akan naik derajatnya atau mendapatkan kemenangan yang sempurna di kemudian hari.

Di jaman yang semakin modern, banyak manusia dilahirkan dari latar belakang kehidupan sosial yang beragam. Persaingan hidup kian hari kian meningkat, mulai bangun tidur, bahkan sampai mencari tempat tidurpun juga harus bersaing. Inilah yang membuat dunia ini dipenuhi manusia  dengan tingkat emosional yang tinggi, sehingga nurani tidak dipakai, tetapi nafsulah yang bicara.

“Kalau bisa menang, kenapa harus mengalah..?” Begitu kata dari banyak manusia jaman sekarang ini. Sebab, dengan mengalah berarti akan menemui hidup yang sengsara. Padahal tanpa harus menggunakan adu menang-kalah, keadaan hidup pada saat ini memang sudah susah, ditambah lagi dengan  ‘budaya konsumtif’ yang melanda masyarakat.

Berani mengalah , bagi mereka yang masih mau meyakininya, diartikan sebagai sikap yang mau mencoba merasakan seperti apa rasanya orang yang menderita kekalahan dengan cara merenung dan berpikir, tidak saja dialam nyata, namun juga dialam pikiran. Selanjutnya mencoba berpikir tentang apa saja yang akan dilakukan dan diperbuat setelah merasakan kalah.  Apabila sudah sanggup merasakan semua pikiran orang kalah, termasuk segalanya yang berhubungan berkelanjutan dalam hidup ini, tentu akan sangat berbesar hati dalam menerima kekalahan tersebut.. kalau dalam kata modern saat ini boleh dibilang sebagai “Empati”

Mengalah itu bukan berarti kalah, Mengalah itu bermakna mencoba tuk belajar supaya mampu menumbuhkan rasa ‘welas-asih’ terhadap orang lain yang sedang menandang kekalahan, sebelum benar-benar mengalami kekalahan yang sesungguhnya.  Berani kalah itu adalah wujud solidaritas , sayang terhadap terjalinnya rukunnya persahabatan. Berani mengalah adalah tindakan yang mulia, menjauhkan dari nafsu.

Kalau manusia sekarang sudah seperti ini, apakah bisa terwujud kerukunan antara manusia satu dengan yang lainnya, bahkan untuk cakupan yang lebih luas, yaitu “Nasionalisme?” Sekarang ini tatanan hidup sudah sangat jauh melenceng dari relnya. Memang tidak semua wejangan orang tua dulu pas dan cocok untuk kehidupan sekarang ini atau sesuai Agama yang kita yakini, tetapi setidaknya bisa menjadi bahan renungan, untuk bisa berpikir cerdas tentang makna hidup.

Urusan perut adalah salah satu yang menjadi penyebab utama dari perubahan perilaku manusia itu sendiri. Sikap sombong, menangnya sendiri, merasa yang paling berkuasa, merasa yang paling pintar, padahal hidup ini adalah terbentuk dari suatu komunitas masyarakat punya kehidupan sosial berbeda.

Nangudzubillahiwindzalik, mudah-mudahan kita semua menjadi manusia yang rendah hati, dan tidak sombong.

Entry filed under: Bahasa. Tags: .

Daftar bakal calon sertifikasi guru 2012 Kabupaten Kebumen Bahan UN SMK Tahun 2011/2012

2 Komentar Add your own

  • 1. Ilham Chandra  |  Desember 7, 2011 pukul 5:02 pm

    mengalah itu bisa jadi sikap ksatria. karena bisa menjaga kehormatan diri dan orang lain, dan tanggungjawab terhadap apa yang kita miliki. ternyata banyak nasehat lama yang bisa diserap untuk kehidupan masa kini ya…🙂
    happy blogging!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Desember 2011
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
Fotoku

Blog-ku

Pembuatan Blog-ku tidak terlepas dari keinginanku belajar lebih banyak tentang Ilmu Komputer. Aku butuh dukungan dan do'a dari rekan-rekan sesama blogger, istri tercinta dan kedua orangtuaku.

Aksesories Otomotif

Iskandar Zulkarnaen Blog Stats

  • 576,787 hits
Photo Effects

Arsip

Feeds

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 1.002 pengikut lainnya

100 Blog Indonesia Terbaik

I LOve My Al Quran

komunitas blogger alian-3
pendidikan,pendidikan,pendidikan

%d blogger menyukai ini: