MENULIS BUDAYA YANG MULAI DI LUPAKAN SAAT INI…

Juli 6, 2010 at 2:54 pm Tinggalkan komentar

Menulis….menulis, yah….kenapa penulis gunakan judul MENULIS BUDAYA YANG MULAI DI LUPAKAN  SAAT INI….? penulis hanya memutar kembali ingatan kita pada tahun 60-an, dimana sangat banyak masyarakat yang buta huruf. Pada tahun 70-an mulailah ada geliat untuk belajar, karena ada program pemerintah dengan dibangunnya sekolah Inpres, mulai SD, SMP. Pada tahun 80-an kita sudah bisa menikmati sekolah yang menurut penulis sudah cukup layak waktu itu dibanding negara India, atau vietnam, atau negara tetangga di kawasan Asia.

Pada tahun 70-an dan 80-an orang tua kita sangat ditekankan dalam penguasaan membaca dan menulis, selain itu juga hapalan. Seiring kemajuan jaman, dan teknologi, maka pendidikan tidak terlepas dari yang namanya teknologi. Mulailah pada tahun 90-an di Indonesia sudah mulai dikenalkan yang namanya komputer, internet.

Penulis masih ingat waktu mengerjakan tugas akhir kuliah, masih menggunakan program yang namanya Wordstar, Lotus, Chiwritter dan lain sebagainya. Selain itu juga sudah mulai dibenamkannya teknologi komputer dari Microsoft, seperti Windows 3.1, Windows 3.11 dan seterusnya sampai sekarang.

Akhirnya pada tahun 2000-an teknologi dan informasi yang semakin maju, maka penggunaan metode Pendidikan yang masih mengandalkan sistem manual, semakin lama semakin ketinggalan. Apalagi daya beli dan keharusan peserta didik yang diarahkan untuk bisa menerapkan teknologi informasi yang canggih untuk proses belajar, maka sistem manual hampir 70 % sudah tinggalkan.

Di era pasar bebas sekarang ini, perangkat komputer, hp, dan yang berhubungan dengan teknologi informasi semakin murah harganya, maka saat ini tidak memandang batas usia, tua, muda, semuanya beralih menggunakan komputer, hp, ipod, dan yang lainnya. Yang tadinya tenaga pengajar memberikan materi di papan tulis, sekarang beralih ke Internet. Yang tadinya peserta didik menulis huruf latin menggunakan buku halus, sekarang sudah tidak ada lagi, menulis huruf Arab sekarang sudah beralih ke komputer, sekarang peserta didik lebih menguasai teknik mengetik di keyboard komputer.

Nah inilah salah satu budaya menulis yang sudah mulai hilang…….ini adalah salah satu dampak dari kurang matangnya dalam penggodokan kurikulum pendidikan. Maka penulis sangat berharap sekali, kepada Pemerintah untuk kembali menggodok kurikulum yang tidak atau menghilangkan unsur menulis, ini sangat tidak menguntungkan bagi genersai muda saat ini atau generasi penerusnya.

Kita harus melihat contoh luar negeri, bisa dipastikan 85% penduduk Eropa pada saat menginjak sekolah dasar sudah mulai dilatih menulis. Maka yang namanya buku diary orang Eropa  pasti memilikinya. Inilah yang patut kita contoh, agar generasi penerus bisa menulis dengan baik.

Entry filed under: Info SMK. Tags: .

LAMPIRAN 1 NUPTK SMKN2 KEBUMEN

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Juli 2010
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
Fotoku

Blog-ku

Pembuatan Blog-ku tidak terlepas dari keinginanku belajar lebih banyak tentang Ilmu Komputer. Aku butuh dukungan dan do'a dari rekan-rekan sesama blogger, istri tercinta dan kedua orangtuaku.

Aksesories Otomotif

Iskandar Zulkarnaen Blog Stats

  • 576,787 hits
Photo Effects

Arsip

Feeds

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 1.002 pengikut lainnya

100 Blog Indonesia Terbaik

I LOve My Al Quran

komunitas blogger alian-3
pendidikan,pendidikan,pendidikan

%d blogger menyukai ini: