HOME INDUSTRI YANG ADA DI KECAMATAN ALIAN KEBUMEN

April 2, 2010 at 2:09 pm Tinggalkan komentar

Sudah lama tidak jalan-jalan, nah… minggu kemarin seperti biasa aku dan istri jalan-jalan kerumah mbah di alian. Dari rumah aku tidak memilih jalur kota, biar tidak kesiangan sampai dirumah mbah. Nah…di Desa KarangTanjung terdapat beberapa home industri yang masih eksis, antara lain;
1. Satu kacang ijo
2. Satu ketan
3. Sapu sepet (dari sabut kelapa) jumlah pengrajinnya tidak banyak.
dari desaku motor terus ke timur masuk ke desa Tanuharjo, disana ternyata ada yang budidaya ikan lele, gurameh, yah..walapun tidak besar tapi bagus juga lho…
Motor terus melaju, lewat pasar kubang, berhenti sejenak, mbok pebjual pecel sudah datang. Biasannya jam 6.00 pagi sudah jualan. Istirahat dululah…sarapan pecel.
Perut sudah terisi, motor terus melaju ke utara masuk desa Karangkembang, berhenti sejenak ban motor minta tambah angin, sambil menunggu kok tercium bau harum gula jawa ya…?aku tertarik dengan bau wangi ini…aku cari, eh…ada orang sedang membuat jipang kacang, ternyata bapak pengrajin jipang kacang di desa Karangkembang hanya beliau satu-satunya, aku coba beli beberapa bungkus, aku coba untuk mencicipi, rasanya tidak kalah dengan yang di toko Kebumen. Setelah selesai makan jipang dan ban sudah terisi angin, motor terus meluncur masuk desa Kalirancang….sepanjang jalan pemandangannya indah sekali, karena kondisi alamnya yang berbukit-bukit. Nah ternyata di desa Kalirancang banyak terdapat sawah yang ditanami tembakau, aku jadi ingat waktu kecil di ajak ayah kerumah mbah, lewat desa ini banyak tanaman tembakau. Meluncur dan terus meluncur, roda sepeda melenggak-lenggok mengikuti jalan. Sampailah di pemandian air panas krakal. Aku berhenti sejenak untuk melihat pemandangan di pemandian yang sering aku kunjungi. Puas dengan pemandanga alam krakal, motor aku arahkan ke selatan menuju desa kalirancang, ternyata desa Kalirancang terpisah oleh bukit ada Kalirancang di sebelah barat bukit dan ada yang disebelah timur bukit. Sebetulnya kalau mau ke rumah mbah bisa menerobos bukit, tapi jalannya belum di aspal selain itu juga medannya agak sulit, karena belum terbiasa lewat.
Akhirnya sampai juga di rumah mbah di desa Sawangan. Begitu aku mulai masuk halaman rumah, mbah ternyata sedang duduk di teras depan, terlihat senyum simbah yang sudah uzur. Seperti biasa kalau sudah ketemu mbah sama om dan tante cerita sana-sini, yang penting mbah senang dan masih bisa senyum bahagia…..
Aku di ajak sama pak lik yang merawat mbah pergi ke desa Wonokromo sekalian mengantar undangan. Aku bonceng pk lik naik motor, banyak halaman rumah bahkan atap rumah terdapat emping melinjo. Ternyata di desa Sawangan sebagaian penduduknya membuat emping melinjo. Sampailah aku dan pak like kerumah pakde di desa Wonokromo, setelah undangan aku sampaikan, dan cerita sana-sini, aku pamit mau pulang. Tapi aku tidak langsung pulang, aku kepengin jalan-jalan ke timur. Perlahan tapi pasti motor mengarah ketimur, di tepi jalan banyak tumpukan batu gunung, yang biasa untuk pondasi bangunan. Motor terus ke timur, pemandangan yang indah sekali banyak sawah terasering oww…indah sekali desa Wonokromo…..dan di bagian bukit sebelah utara terlihat beberapa orang sedang menggali batu untuk bahan baku pondasi bangunan. Capek juga nih badan, aku akhirnya pulang kerumah mbah. Habis sholat dzuhur dan makan siang, aku pamit pulang. Aku pulang lewat jalur timur tidaj balik ke utara lagi. Sampai di desa Seliling aku lihat banyak kain batik yang lagi di jemur, ternyata di Desa Seliling ada pengrajin batik, motifnya sangat khas dibanding dengan daerah jogjakarta, solo atau pekalongan. Aku sama istri di suruh berhenti untuk lihat kain batik mbok ada yang pas bisa di beli untuk seragam. Sayang cuma dapat satu, soalnya sudah siang panas lagi…jadi tidak berlama-lama. Motor terus melaju memasuki desa Surotrunan, desa ini dari dulu terkenal akan home industri makanan tradisional, seperti; gapit, satu, sagon, dll. Ada juga beberapa yang membuat peci. Motor terus melaju ke selatan, memasuki pertigaan, kalau lurus nanti ke wonosari, kalau belok kanan menuju kota kebumen. Di pasar Sruni banyak angkudes membawa peci, karena desa Bandung, Surotrunan, banyak pengrajin peci, walau jumlahnya kalah dari gresik tapi kualitasnya tidak kalah. Sampailah aku kerumah, buka internet, facebook, dan mulai menulis pengalamanku jalan-jalan ini. Jalan-jalan ini aku lakukan bulan Januari 2010, pas belum musim penghujan.
Besok jalan-jalan kemana lagi ya……?

Entry filed under: Wisata. Tags: .

Membuat Tautan Di Wordress DAFTAR SISWA XII SMKN2 KEBUMEN YANG MENYELESAIKAN TUGAS PEMBUATAN BLOG